Indonesia Buktikan Bisa - ZANS
Headlines News :
Home » , » Indonesia Buktikan Bisa

Indonesia Buktikan Bisa

Indonesia tidak hanya sukses sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan SEA Games (SEAG) XXVI 2011, tetapi juga sukses meraih prestasi dengan menjadi juara umum. Keberhasilan ini diiringi dengan upacara penutupan spektakuler di Stadion Gelora Sriwijaya, Jakabaring, Palembang tadi malam. Kontingen Indonesia keluar sebagai juara umum dengan perolehan medali 182 emas,151 perak, dan 143 perunggu.

Raihan itu terpaut jauh dengan peringkat kedua Thailand yang mengoleksi 109 emas, 100 perak, dan 120 perunggu.Prestasi luar biasa yang ditorehkan atlet Indonesia di SEA Games XXVI mendapat apresiasi besar dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Presiden meyakini prestasi atlet Indonesia yang mentereng di SEA Games kali ini tidak bisa dilepaskan dari perjuangan dan latihan keras mereka selama bertahun-tahun. “Sekarang medali (emas) sudah 182.

Semuanya boleh tepuk tangan. Itu medali (yang lebih dari) 100 bukan turun dari langit. Itu (karena) berlatih,” papar Presiden SBY di kediamannya, Puri Cikeas,kemarin. Prestasi sebagai juara umum ini adalah yang terbaik bagi Indonesia dalam 14 tahun terakhir. Sejak menobatkan diri sebagai juara umum pada 1997, prestasi Indonesia memang kurang memuaskan. Pada SEA Games XXIV di Thailand, Indonesia bahkan hanya duduk di peringkat keempat.

“(Sebelum) SEA Games (digelar) komentarnya luar biasa, tidak siaplah,pasti gagal,tidak serius, mundur saja empat bulan.Saya katakan jangan dilawan dengan kata-kata,buktikan nanti kita bisa,” tandas Presiden. Pujian serupa juga disampaikan Wapres Boediono dalam upacara penutupan tadi malam. “Khusus kepada kontingen Indonesia selamat atas juara umum.Kita semua sangat bangga kepada Anda semua.

Kemudian,kepada masyarakat Sumsel dan Jakarta, saya ucapkan terima kasih telah memberikan yang terbaik sebagai tuan rumah pesta olahraga ini,”ucap Boediono. Upacara penutupan yang dimulai pukul 19.10 WIB tadi malam tidak kalah megah dengan upacara pembukaan.Aksi pertama yang memukau penonton adalah pertunjukan kembang api selama kurang lebih dua menit untuk mengawali rangkaian acara.

Meski diguyur hujan 30 menit sejak acara dimulai,tidak mengurangi kemeriahan upacara penutupan tadi malam. Kembang api mereda, dilanjutkan dengan pertunjukan tarian 11 negara-negara Asia Tenggara dalam tajuk “Harmony in Victory”. Kemudian tampil pula duet Da-niel Christanto dan Putri Ayu yang membawakan lagu Harmoniciptaan Piyu. Setelah itu, atlet dari seluruh kontingen peserta SEA Games XXVI memasuki tengah lapangan.

Mereka yang dalam dua pekan terakhir ini terlibat persaingan memperebutkan medali dan menunjukkan prestasi terbaiknya telah bisa tertawa lepas dan saling bercanda dalam barisan defile. Dalam laporan Ketua Indonesia SEA Games Organizing Committee (Inasoc) Rita Subowo, SEA Games yang telah berakhir akan selalu diingat masyarakat Indonesia dan Asia Tenggara. “Kompleks olahraga ini begitu mengagumkan.Kami berharap Jakabaring Sport City (JSC) bisa menjadi pusat pembinaan olahraga di Indonesia,” ujar Rita.

Wapres Boediono dalam sambutannya menyatakan, meski api di kaldron yang telah menyala 12 hari akan padam sebagai pertanda pesta telah usai, api yang telah menyala di dada setiap atlet diharapkan tidak padam.“Api itulah yang mengingatkan dan menghangatkan persahabatan Asia Tenggara,”ujar Boediono. Dia menambahkan, ketika semua atlet telah mengeluarkan kemampuan terbaik dan pertandingan dilangsungkan dengan adil,menang atau kalah mereka tetap akan pulang dengan kepala tegak.

“Menang atau kalah kita tetap erat menjadi bangsa Asia Tenggara. Dengan SEA Games, kita tunjukkan kepada dunia betapa Asia Tenggara terjalin erat dalam persahabatan sejati. Kepada seluruh kontingen selamat kembali ke negara masing-masing dan berjumpa kembali di Myanmar 2013,”tutur Wapres. Acara dilanjutkan pengibaran bendera Myanmar diiringi lagu kebangsaan Kaba Ma Kyei.

Selanjutnya, bendera SEA Games diturunkan dan diserahkan Gubernur Sumsel Alex Noerdin kepada Menpora yang meneruskan kepada Ketua Umum Inasoc Rita Subowo.Puncaknya, bendera diberikan kepada Menteri Perhotelan Pariwisata dan Olahraga Myanmar Tin San selaku tuan rumah SEA Games XXVII 2013.Tepat pukul 20.21 WIB,api di kaldron padam seiring kapal yang membawa perwakilan atlet menjauh. Seputar-indonesia.com
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : ElShifa Radio | AlShifa Charity | Smart Qalbu
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. ZANS - All Rights Reserved
Original Design by Creating Website Modified by Adiknya